Masyarakat Peduli Energi dan Lingkungan

Sunday, July 16, 2006

Laporan Pertemuan FPEL dengan Menteri Lingkungan Hidup

Forum Peduli Energi dan Lingkungan sebagai salah satu organisasi LSM yang bergerak dalam bidang energi dan lingkungan berniat memperkenalkan diri dan sekaligus meyampaikan pokok-pokok program kegiatannya sebagai ujud kepedulian terhadap masalah energi dan lingkungan masa kini dan masa depan kepada Menteri Lingkungan Hidup (Men.LH). Alhamdulillah niat tersebut telah terlaksana pada hari Kamis tanggal 4 Mei 2006 dan berikut disampaikan laporan singkat tentang kunjungan tersebut.

Pertemuan berlangsung pada hari Kamis tanggal 4 Mei 2006 dari jam 13.00 – 13.40 bertempat di ruang kerja Men. LH di Jalan D.I. Panjaitan Kav.24, Kebon Nanas Jakarta Timur .Bapak Menteri Lingkungan pada waktu itu didampingi

oleh :

1. Isa Karmisa Ardiputra - Deputi Menteri Bidang Pembinan Sarana

Teknis dan Peningatan kapasitas

2. Amanda Katili - Staf Khusus Menteri Bidang Bantuan dan

Kerjasama Internasional

3. Gempur Adnan - Deputi Menteri Bidang Pengawasan

Pencemaran

4. Agus Tagor - Staf Khusus Menteri Bidang Hubungan Antar

Lembaga dan Program Khusus

5. Agus Purnomo - Staf Khusus Menteri Permasalahan

Lingkungan dan Kemiskinan

Dari FPEL diwakili oleh :

1. Sutaryo Supadi – Ketua FPEL

2. Ajar Irawan - Anggota FPEL

3. Sofyan Yatim - Anggota FPEL

Setelah memeperkenalkan diri dan anggotanya Bpk. Sutaryo Supadi memperkenalkan organisasi FPEL, tujuan, kegiatan dan programnya dalam mendukung program energi nasional dan hubungannya dengan keselamatan dan kelestarian lingkungan. Selain itu diungkapkan pula kegiatan yang telah dilakukan FPEL tentang pilihan sumber energi masa depan dan kaitannya dengan kelestarian dan keselamatan lingkungan. Pada kesempatan tersebut dimohonkan pula kesediaan Men LH untuk melibatkan FPEL sebagai organisasi purna bakti PNS Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), dalam berbagai kegiatan studi dan pemikiran tentang kelestarian dan keselamatan lingkungan dalam pembangunan, khususnya yang berkaitan dengan program energi nasional. Dalam waktu dekat FPEL akan mengirimkan program kegiatannya yang diharapkan dapat diselaraskan dalam program KLH.

Bapak Menteri dalam sambutannya sangat menghargai dan berterima kasih atas kunjungan tersebut, apalagi organisasi FPEL adalah organisasi purna bakti PNS Batan yang telah memahami aspek lingkungan dari program pembangunan, khususu program energi nuklir dan kaitannya dengan sumber energi yang lain. Dengan demikian program FPEL pada hakekatnya telah selaras dengan program Men LH. Pada kesempatan tersebut Bapak Menteri mengungkapan pula kebijakan (wisdom) dan pandangan beliau dalam menyelaraskan lingkungan dengan berbagai sektor pembangunan nasional, termasuk pengembangan sektor energi. Untuk membina kerjasama berikutnya, FPEL diharapkan mengungkapkan program dan kegiatannya di depan pejabat KLH terkait. Sebagai bentuk kepedulian Men LH terhadap FPEL, maka Amanda Katili PhD, Staf Khusus Men.LH Bidang Kerjasama dan Bantuan akan mengundang FPEL pada acara tanggal 23 Mei 2006 di Sheraton Hotel tentang Forensik Lingkungan (Environmental Forensics) dengan pembicara ahli dari luar negeri, Lemigas dan Perguruan Tinggi. Selain itu diharapkan pula kunjungan ini ditindaklanjuti oleh FPEL dan KLH dalam bentuk program dan kegiatan yang berorientasi pada kepedulian terhadap keselarasan lingkungan dengan program ketersediaan energi nasional. Pertemuan ditutup jam 13.30 dengan ucapan terima kasih dari FPEL atas perkenan Bapak Menteri Lingkungan Hidup menerima dan memberikan masukan sert semangat bagi FPEL dalam melaksanakan program dan kegiatannya di masa mendatang.

Dari pertemuan tersebut dapat disimpulkan hal-hal berikut:

1. Bapak Menteri menyambut baik kunjungan FPEL dan menghargai gagasan tentang perlunya keselarasan program energi nasional dengan keselamatan dan kelestarian lingkungan.

2. KLH menerima baik maksud FPEL untuk membina kerjasama dalam program kelestarian dan keselamatan lingkungan dari pembangunan, terutama dalam mendukung program energi nasional.

3. FPEL diminta memperkenalkan program dan kegiatan melalui berbagai pertemuan dengan KLH

4. Men LH. menunjuk Bapak. Isa Karmisa Ardiputra, Deputi Menteri Bidang Pembinaan Sarana Teknis dan Peningkatan Kapasitas untuk menindak lanjuti hasil pertemuan tersebut

Pembuat Laporan,

Dr. Sofyan Yatim

(Bidang Lingkungan FPEL)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home